-->

Ads 720 x 90

Prosedur Penanganan Layanan Housekeeping

 Prosedur Penanganan Layanan  Housekeeping

prosedur penaganan layanan housekeeping
   
Prosedur penanganan layanan housekeeping adalah segala layanan yang dibutuhkan oleh tamu entah itu permintaan tambahan bed, penambahan bantal dan lain sebagiannya sesuai dengan prosedur yang berlaku di masing masing hotel. Hal ini biasanya kalian akan melihat secara langsung di hotel kalian menginap.

Langkah-Langkah Menangani Permintaan atau Tamu :
Hal yang pertama yang harus kalian lakukan tentunya adalah
Greeting dan tawarkan bantuan kepada tamu. Hal ini sangat perlu kalian lakukan karena sebagai seorang hotelier harus ramah akan tamu.

Setelah itu kalian Dengarkan dengan baik apa saja permintaan tamu yang harus kita layani dan konfirmasi-kan juga permintaan tamu  jika perlu dicatat ha ini dilakukan untuk menghindari atau meminimalisirkan terjadinya kesalahan.

Kalian harus memberitahukan juga kepada tamu jangka waktu yang diperlukan untuk memenuhi permintaan tersebut. Dan tentunya kalian harus segera follow up atau laksanakan segera permintaan tamu sesuai dengan permintaan tamu.

Dan kalian laporkan pinjaman ke housekeeping agar di masukkan ke dalam log book & formulir permintaan tamu, fungsinya adalah agar kita mengetahui berapa barang yang dipinjam agar nantinya pada saat proses inventori akhir bulan barangya nya supaya lengkap sesuai dengan jumlah yang dimiliki hotel.

Kalian juga harus melakukan langkah langkah sebagai berikut:
Kalian Identifikasi barang yang diminta oleh tamu, kalian harus Memilih barang sesuai dengan permintaan tamu, dan setelah melakukan langkah langkah tersebut bara yang diminta tamu siap diantar ke kamarnya. Dan kalian
    
Setelah kalian mengantarkan barang permintaan tamu ke kamarnya kalian juga harus menjelaskan langkah langkah cara menggunakan atau prosedur pemakaian alat sesuai dengan keamanan dan keselamatan kerja yang berlaku.
    
Setelah kalian menjelaskan langkah langkah cara menggunakan alat tersebut kali harus  memberitahukan ke tamu  standar batas waktu maksimal pemakaian atau peminjamannya sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati oleh pihak management hotel.

Dan kalian juga menawarkan bantuan lain bila diperlukan oleh tamu.

Kalau tidak ada permintaan lagi dari tamunya kalian mohon izin pada tamu apabila sudah selesai melayani permintaan tamu tersebut dengan sop yang berlaku di hotel dan ucapkan magic word, have nice day

Menangani Keperluan Housekeeping
Yang ini sama halnya dengan menangani pelayanan housekeeping tetapi perlu kalian ingati bahwasanya jenis pelayanan yang lainnya disediakan oleh housekeeping itu untuk memenuhi permintaan yang diinginkan oleh tamu hanya meliputi jenis barang dan jasa saja yang ada di hotel. Maka dari itu Jenis pelayanan lain yang disediakan oleh departemen Housekeeping ialah untuk memenuhi permintaan tamu di kamar hotel dimana hotel belum tentu dapat memenuhi seluruh permintaan para tamunya karena ada beberapa hotel hanya memiliki beberapa peralatan yang di minta oleh tamu da nada juga hotel yang memiliki lengkap apa ynag di minta oleh tamu sekarang kembal lagi dengan jenis hotelnya sama sistem pengelolaannya. Oleh karena itu hotel perlu juga menyediakan keperluan-keperluan tambahan untuk tamu nantinya agar mengantisipasi kebutuhan tamu tersebut agar tidak terjadinya complain hanya masalah tidak ada barang yang diminta oleh tamu. Selain memenuhi permintaan  dari tamu, seorang (room attendant) harus memiliki sikap, pengetahuan serta keterampilan yang baik, perlu diketahui bahwasanya  ada beberapa hal penting yang harus di ketahui oleh room attendant sebagai berikut:

Cara menangani permintaan
Di dalam hal memberikan pelayanan tambahan kepada tamu seorang room attendant  dituntut oleh hotel untuk mampu memberikan service  yang maksimal terhadap tamu yang sedang menginap di hotel .Oleh karena itu seorang room attendant perlu memiliki sikap yang profesional dalam melayani permintaan  tamu.



 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter