Hubungan kerja front office dengan departemen lain
Hubungan kerja front office di hotel pada dasarnya pelayanan hotel berpusat pada tamu, sehingga untuk memberikan pelayanan yang maksimal tidak bisa hanya dibebankan pada salah satu departemen. Hubungan baik antar departemen sangat berpengaruh pada kualitas pelayanan pada tamu.
- Hubungan kerja departemen front office dengan housekeeping departemen. Housekeeping Departemen merupakan salah satu departemen yang bertanggung jawab pada pemeliharaan kamar tamu dan area publik. Hubungan kerja yang terjalin yakni, pada pemberian informasi yang akurat, meliputi; status kamar, perbedaan status kamar, jenis tamu biasa atau VIP, housekeeping report, dan lain sebagainya.
- Hubungan kerja departemen front office dengan food and beverage departemen. Food & Beverage departemen merupakan departemen yang bertanggung jawab menyediakan makanan dan minuman bagi tamu. Bentuk hubungan kerja antara departemen front office dengan departemen food and beverage adalah berupa penanganan daily buffet sehari-hari di coffee shop ataupun di acara acara yang di selenggarakan oleh hotel misalnya gala dinner, hotel anniversary dan lain sebagiannya, penyediaan makanan dan minuman sesaui dengan tingkat hunian sehari hari di suatu hotel, selain itu ada juga namannya pemesanan complimentary, dan penanganan masalah functions room di suatu kamar tamu di hotel, serta penanganan minuman selamat datang atau kita sebut dengan namannya welcome drink kepada tamu yang baru datang untuk melakukan reservation kamar, dan terahir yaitu ada namanya penanganan meal coupon, meal coupon ini adalah sejenis kertas kecil yang berisikan menu menu yang ada di suatu hotel mula dari breakfast sampai dinner dan lain sebagiannya yang dijalin dengan front office departmen dengan food and beverage departemen. hubungan kerjasama ini sangatlah harus di jaga dengan baik di masing masing departemen.
- Hubungan kerja departemen front office dengan personnel & training departemen. personnel and training departemen mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengelolaan sumber daya manusia di suatu hotel. Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat penting di dalam industri perhotelan yang mengutamakan pelayanan yang prima dan memprioritaskan layanan atau service. Peningkatan kualitas sumber daya manusia di suatu hotel adalah menjadi tanggung jawab dari petugas personnel and training departemen agar nantinya sumber daya manusia di suatu hotel tersebut berjalan dengan baik. Hubungan kerja sama front office departemen dengan personnel dan training departemen adalah meliputi berbagai hal diantarannya yang berkaitan dengan pengelolaan karyawan, dari rekrutmen karyawan baru, peningkatan karir dari karyawan, sampai dengan pemecatan karyawan karyawan yang kinerjanya tidak sesuai dengan manajemen hotel atau sop manejemen hotel.
- Hubungan kerja departemen front office dengan Engineering and maintenance departemen Engineeringdan maintenance departemen merupakan departemen yeng bertanggung jawab terhadap pemeliharaan struktur bangunan, kelistrikan, dan permasalahan lainnya di suatu hotel. untuk hubungan kerja samanya antara front office dengan engineering and maintenance departemen meliputi berbagai hal diantarannya adalah penanganan working order yang berkaitan dengan kerusakan peralatan di departemen front office semisalnya computer, system, pembuatan kunci duplikat untuk hotel yang masih beroperasi secara manual, penanggulangan bahaya kebakaran, penanggulangan masalah AC, permasalahan transportasi tamu dan karyawan, serta informasi mengenai kerusakan peratalan elektronika dan lain sebagaiannya.
- Hubungan kerja departemen front office dengan Accounting departemen hubungan kerja front office dengan accounting meliputi berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan, diantaranya; penagihan kredit tamu yang belum membayar, petty cash, safe deposit box, remitance of funds, penanganan night audit, dan hotel room avenue.
- Hubungan kerja departemen front office dengan security departement. hubungan bentuk kerja sama front office departemen dengan security departemen, meliputi berbagai hal yang berkaitan dengan keamanan. Meskipun keamanan lingkungan hotelmenjadi tanggung jawab semua karyawan hotel, namun secara formal keamanan menjadi tanggung jawab petuguas security. Hubungan kerja sama yang terjadi anatara lain meliputi berbagai hal diantaranya menjaga dan mengawasi kamar tamu, serta memastikan apakah semua kamar tamu di hotel aman atau ada hal hal yang mencurigakan aseperti kejahatan skipper di suatu hotel tersebut dan melindungi barang-barang milik dari tamu, hotel, dan pengunjung, serta memberikan perasaan aman bagi tamu, karyawan, dan pengunjung hotel lainnya
Post a Comment
Post a Comment