-->

Ads 720 x 90

Hubungan kerja front office dengan departemen lain

Hubungan kerja front office dengan departemen lain

Hubungan kerja front office dengan departemen lain

Hubungan kerja front office di hotel pada dasarnya pelayanan hotel berpusat pada tamu, sehingga untuk memberikan pelayanan  yang  maksimal  tidak  bisa  hanya  dibebankan  pada  salah  satu  departemen. Hubungan  baik  antar  departemen  sangat  berpengaruh  pada  kualitas  pelayanan  pada tamu.
  1. Hubungan kerja departemen front office dengan housekeeping departemen. Housekeeping Departemen merupakan  salah  satu  departemen  yang  bertanggung  jawab  pada pemeliharaan  kamar  tamu  dan  area  publik.  Hubungan  kerja  yang  terjalin  yakni, pada  pemberian  informasi  yang  akurat,  meliputi;  status  kamar,  perbedaan  status kamar, jenis tamu biasa atau VIP, housekeeping report, dan lain sebagainya.
  2. Hubungan kerja departemen front office dengan food and beverage departemen. Food & Beverage departemen  merupakan  departemen  yang  bertanggung  jawab menyediakan makanan dan minuman bagi tamu. Bentuk hubungan kerja antara departemen front office dengan departemen food and beverage adalah berupa  penanganan daily  buffet sehari-hari  di coffee  shop ataupun di acara acara yang di selenggarakan oleh hotel misalnya gala dinner, hotel anniversary dan lain sebagiannya,  penyediaan  makanan dan minuman sesaui dengan tingkat hunian sehari hari di suatu hotel, selain itu ada juga namannya pemesanan complimentary, dan penanganan  masalah functions  room di suatu kamar tamu di hotel,  serta penanganan  minuman  selamat  datang atau kita sebut dengan namannya welcome drink kepada tamu yang baru datang untuk melakukan reservation  kamar, dan terahir yaitu ada namanya penanganan meal coupon, meal coupon ini adalah sejenis kertas kecil yang berisikan menu menu yang ada di suatu hotel mula dari breakfast sampai dinner dan lain sebagiannya yang dijalin dengan front office departmen dengan food and beverage departemen. hubungan kerjasama ini sangatlah harus di jaga dengan baik di masing masing departemen.
  3. Hubungan kerja departemen front office dengan personnel & training departemen. personnel and training departemen mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengelolaan sumber daya manusia di suatu hotel. Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat penting di dalam industri  perhotelan  yang  mengutamakan  pelayanan yang prima dan memprioritaskan layanan atau service. Peningkatan kualitas sumber daya manusia di suatu hotel adalah menjadi tanggung jawab dari petugas personnel and training departemen agar nantinya sumber daya manusia di suatu hotel tersebut berjalan dengan baik. Hubungan kerja sama front office departemen dengan personnel dan training departemen adalah meliputi berbagai  hal diantarannya yang  berkaitan  dengan  pengelolaan karyawan,  dari  rekrutmen karyawan baru,  peningkatan  karir dari karyawan, sampai  dengan pemecatan karyawan karyawan yang kinerjanya tidak sesuai dengan manajemen hotel atau sop manejemen hotel.
  4. Hubungan kerja departemen front office dengan Engineering and maintenance departemen Engineeringdan maintenance departemen merupakan departemen yeng bertanggung  jawab  terhadap  pemeliharaan  struktur bangunan, kelistrikan, dan permasalahan lainnya di suatu hotel. untuk hubungan kerja samanya antara  front office dengan engineering and maintenance departemen meliputi berbagai hal diantarannya adalah    penanganan working   order yang berkaitan   dengan   kerusakan peralatan di departemen front office semisalnya computer, system,  pembuatan  kunci  duplikat  untuk  hotel  yang masih     beroperasi     secara     manual,    penanggulangan bahaya    kebakaran, penanggulangan masalah AC, permasalahan transportasi tamu dan karyawan, serta informasi mengenai kerusakan peratalan elektronika dan lain sebagaiannya.
  5. Hubungan kerja departemen front office dengan Accounting departemen hubungan kerja front office  dengan accounting meliputi berbagai hal yang berkaitan  dengan  keuangan,  diantaranya;  penagihan  kredit  tamu  yang  belum membayar, petty  cash, safe  deposit  box, remitance  of  funds,  penanganan night audit, dan hotel room avenue.
  6. Hubungan kerja departemen front office dengan security departement. hubungan bentuk  kerja  sama  front office departemen dengan security departemen,  meliputi  berbagai hal  yang  berkaitan  dengan keamanan.  Meskipun  keamanan  lingkungan  hotelmenjadi tanggung  jawab semua karyawan hotel, namun secara  formal keamanan menjadi  tanggung  jawab  petuguas security. Hubungan kerja  sama  yang terjadi anatara lain meliputi berbagai hal diantaranya menjaga  dan   mengawasi  kamar  tamu, serta memastikan apakah semua kamar tamu di hotel aman atau ada hal hal yang mencurigakan aseperti kejahatan skipper di suatu hotel tersebut dan melindungi  barang-barang milik dari tamu, hotel, dan pengunjung, serta memberikan perasaan aman bagi tamu, karyawan, dan pengunjung hotel lainnya

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter