Fungsi dan Peranan Front Office
Pada materi ini saya akan membahas Fungsi dan Peranan Front Office alangkah baiknya kalian mengetahui hal ini, Kantor Depan atau Front Office adalah cermin dari kualitas hotel, mengapa ? karena Front office adalah gardu terdepan dari hotel untuk menyambut tamu, melayani tamu, dan lain sebagiannya, saat kalian liburan di hotel pasti kalian akan melihat stafft front office yang ada di hotel dan meraka departemen yang pertama kali melayani tamu, untuk itu kesiapan, kesiapan, ketepatan serta kemampuan semua karyawan di bagian front office khususnya dalam menjalankan fungsi tugas dan tanggung jawabnya masing masing sangatlah menentukan dalam memberikan impresi atau service yang baik atau atau buruk tamu Hotel sebelum para tamu tersebut mendapatkan pelayanan yang penuh dari berbagai departemen yang ada di hotel.
Nah Front office secara operasional berhubungan juga dengan tamu dan tentunya area kerjanya. Front office adalah salah satu bagian dari departemen hotel yang sangat penting dalam hal mewujudkan tujuan yang diinginkan oleh hotel
Berikut ini adalah Tujuan dari departemen front office
- Yang pertama tentunya serang resepsionis harus mampu meningkatkan tingkat hunian kamar da pendapatan dari hotel dari bulan ke bulan atau tahun ke tahun, di arena kan departemen front office adalah ujung tombak dari hotel untuk mencapai tujuan yang sudah di tentukan.Di lain sisi front office juga memiliki tujuannya yaitu meningkatkan jumlah tamu langganan yang akan menginap nantinya di hotel.
- Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik dalam hal ini tujuan dari departemen front office adalah memberi tamu yang terbaik artinya baik dari segi pelayanan yang ramah, dan lain sebagiannya yang tepat dan cepat kepada tamu
- Karena departemen front office adalah ujung tombak dari suatu hotel maka mereka harus membentuk citra hotel atau menjaga imagenya yang positif.
Selain tujuan, departemen front office juga memiliki fungsi dalam hal mewujudkan tujuan dari hotel itu sendiri, dalam hal fungsi ini biasanya dilakukan sehari-hari oleh departemen fron office, adapun fungsi-fungsi tersebut adalah:
- Fungsi yang pertama tentunya menjual kamar, fungsi menjual kamar dapat di bagi lagi menjadi beberapa antara lain: menerima pemesanan kamar tamu, melakukan pendaftaran kamar tamu, memblok kamar tamu
- Yang kedua mereka memberikan informasi tentunya mengenai seluruh produk serta fasilitas yang ada di hotel dilain sisi mereka juga harus mampu memberikan informasi mengenai di luar hotel seperti tempat tempat yang populer yang ada di dekat hotel.
- Lalu fungsi mereka mengkoordinir kepada departemen lain yang terkait dalam rangka memenuhi keinginan tamu serta memberikan pelayanan yang maksimal bagi tamu yang akan menginap maupun yang sudah menginap.
Kesimpulannya bahwa
Selain mempunyai fungsi dan tujuan yang penting, front office juga berperan penting dalam hal pelayanan dan pencapaian tujuan hotel yakni memberikan pelayanan yang sesuai dengan yang diharapkan oleh tamu, serta membentuk membentuk dan tentunya menjaga image nama baik dari hotel tersebut dan memberikan pendapatan yang maksimal yang sesuai dengan target atau tujuan hotel tersebut.
Selain mempunyai fungsi dan tujuan yang penting, front office juga berperan penting dalam hal pelayanan dan pencapaian tujuan hotel yakni memberikan pelayanan yang sesuai dengan yang diharapkan oleh tamu, serta membentuk membentuk dan tentunya menjaga image nama baik dari hotel tersebut dan memberikan pendapatan yang maksimal yang sesuai dengan target atau tujuan hotel tersebut.
Post a Comment
Post a Comment