Sales dan marketing meskipun memiliki tujuan yang sama tetapi sangat berbeda secara signifikan Sales dapat dianggap sebagai tahap terakhir dai suatu pemasaran atau marketing. Akan menarik untuk di mengeksplorasikan bagaimana mereka itu bisa berbeda. Di dalam posting ini, mari kita lihat topik yang sama menariknya tentang bagaimana sih penjualan dan pemasaran telah berkembang dari waktu ke waktu. Mari kita mulai dengan salah satu bentuk penjualan dan pemasaran paling awal: sistem barter.
Lebih dari seribu tahun yang lalu, ketika koin dan bentuk uang lainnya belum populer, cara umum dan paling umum orang memperoleh produk atau layanan mereka adalah melalui sistem barter Misalnya, seorang petani mungkin telah menukar sebagian hasil panennya dengan seorang tukang kayu dengan beberapa furnitur kayu. Penjualan dan pemasaran dengan sistem barter bergantung pada memiliki akses ke orang-orang yang sesuai dengan siapa hal-hal dapat dipertukarkan untuk nilai bersama. Kemudian datanglah pasar tradisional.
Lebih dari seribu tahun yang lalu, ketika koin dan bentuk uang lainnya belum populer, cara umum dan paling umum orang memperoleh produk atau layanan mereka adalah melalui sistem barter Misalnya, seorang petani mungkin telah menukar sebagian hasil panennya dengan seorang tukang kayu dengan beberapa furnitur kayu. Penjualan dan pemasaran dengan sistem barter bergantung pada memiliki akses ke orang-orang yang sesuai dengan siapa hal-hal dapat dipertukarkan untuk nilai bersama. Kemudian datanglah pasar tradisional.
Semakin populernya koin dan bentuk uang lainnya sebagai alat tukar memunculkan pasar tradisional di mana produsen seperti petani, pengrajin, dan tukang kayu menciptakan produk, menjual barang dagangan dari toko, dan berteriak kepada kerumunan calon pelanggan untuk memesan. untuk mempromosikan produk mereka. Pasar tradisional biasanya merupakan pasar kecil di mana negosiasi harga dan keputusan lain yang terkait dengan penjualan dibuat dengan cepat, seringkali oleh satu atau dua orang. Berikutnya adalah pasar penjual.
Revolusi Industri pada abad kedelapan belas dan kesembilan belas menandai pergeseran menuju produksi massal di pabrik-pabrik seperti manufaktur tekstil. Barang diproduksi dengan lebih efisien dan ekonomis serta dapat dijual ke pasar yang lebih luas. Ini menciptakan pasar penjual. Tujuan utama pasar penjual adalah untuk membentuk rantai pasokan untuk mendapatkan produk dan kemudian membentuk saluran distribusi untuk menjual produk ke berbagai pelanggan, sering disebut sebagai pemasaran massal. Ini diikuti oleh pemasaran media massa konvensional. Kami akan membahas ini bersama dengan pemasaran era baru terfragmentasi inovatif abad kedua puluh satu di posting berikutnya. Sampai saat itu, tetap berjualan
Revolusi Industri pada abad kedelapan belas dan kesembilan belas menandai pergeseran menuju produksi massal di pabrik-pabrik seperti manufaktur tekstil. Barang diproduksi dengan lebih efisien dan ekonomis serta dapat dijual ke pasar yang lebih luas. Ini menciptakan pasar penjual. Tujuan utama pasar penjual adalah untuk membentuk rantai pasokan untuk mendapatkan produk dan kemudian membentuk saluran distribusi untuk menjual produk ke berbagai pelanggan, sering disebut sebagai pemasaran massal. Ini diikuti oleh pemasaran media massa konvensional. Kami akan membahas ini bersama dengan pemasaran era baru terfragmentasi inovatif abad kedua puluh satu di posting berikutnya. Sampai saat itu, tetap berjualan
Nah lalu apa perbedaan antara sales dengan marketing? perbedaanya adalah Sales diartikan sebagai bagian dari suatu perusahaan yang dimana kegiatannya menjual suatu produk yang mereka jual atau tawari kepada calon konsumen. contohnya seperti seseorang yang datang ke rumah kita lalu dia memberikan brosur dari produknya lalu dia menjelaskan isi dari brosur tersebut dan tujuan dia datang kesana, Nah Sementara itu marketing adalah suatu rencana atau strategi untuk memikat calon konsumen agar tertarik untuk membeli suatu produknya yang di tawarkan oleh salesnya. Secara singkat, sales ini merupakan penjualan atau menjual suatu produk dari perusahaanya atau menjalankan strategi yang sudah disusun oleh marketing dan marketing merupakan strategi untuk meningkatkan penjualannya atau agar produknya laku dan di beli oleh calon konsumen.
Post a Comment
Post a Comment