-->

Ads 720 x 90

Pengertian Pemasaran


Pengertian Pemasaran

pengertian pemasaran

Pemasaran mengacu pada aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan pembelian atau penjualan produk atau layanan. Pemasaran mencakup periklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen atau bisnis lain. Beberapa pemasaran dilakukan oleh afiliasi atas nama perusahaan.

Profesional yang bekerja di departemen pemasaran dan promosi perusahaan berusaha untuk mendapatkan perhatian dari khalayak potensial utama melalui periklanan. Promosi ditargetkan untuk audiens tertentu dan mungkin melibatkan dukungan selebriti, frasa atau slogan yang menarik, kemasan atau desain grafis yang berkesan, dan eksposur media secara keseluruhan.
Poin Penting
 Pemasaran mengacu pada semua aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan kepada konsumen. 
Pemasaran menggunakan "bauran pemasaran", yang juga dikenal sebagai empat P = produk, harga, tempat, dan promosi. 
Pada intinya, pemasaran berusaha mengambil produk atau layanan, mengidentifikasi pelanggan idealnya, dan menarik perhatian pelanggan ke produk atau layanan yang tersedia.
Memahami Pemasaran
Pemasaran sebagai disiplin melibatkan semua tindakan yang dilakukan perusahaan untuk menarik pelanggan dan memelihara hubungan dengan mereka. Berjejaring dengan calon klien atau klien lama adalah bagian dari pekerjaan juga, dan mungkin termasuk menulis email terima kasih, bermain golf dengan calon klien, membalas telepon dan email dengan cepat, dan bertemu dengan klien untuk minum kopi atau makan.

Pada tingkat paling dasar, pemasaran berusaha mencocokkan produk dan layanan perusahaan dengan pelanggan yang menginginkan akses ke produk tersebut. Mencocokkan produk dengan pelanggan pada akhirnya memastikan profitabilitas.

Produk, harga, tempat, dan promosi adalah Empat P dari pemasaran. Four P secara kolektif membentuk campuran penting yang dibutuhkan perusahaan untuk memasarkan produk atau layanan. Neil Borden mempopulerkan gagasan bauran pemasaran dan konsep Empat P pada 1950-an.


Produk mengacu pada item atau item yang rencana bisnis untuk ditawarkan kepada pelanggan. Produk harus berusaha untuk memenuhi ketidakhadiran di pasar, atau memenuhi permintaan konsumen untuk sejumlah besar produk yang sudah tersedia. Sebelum mereka dapat menyiapkan kampanye yang sesuai, pemasar perlu memahami produk apa yang dijual, bagaimana produk tersebut menonjol dari pesaingnya, apakah produk tersebut juga dapat dipasangkan dengan produk sekunder atau dari lini produk.
 
Harga mengacu pada seberapa banyak perusahaan akan menjual produknya. Dalam menetapkan harga, perusahaan harus mempertimbangkan harga biaya per unit, biaya pemasaran, dan biaya distribusi. Perusahaan juga harus mempertimbangkan harga produk yang bersaing di pasar dan apakah titik harga yang mereka usulkan cukup untuk mewakili alternatif yang masuk akal bagi konsumen.

Tempat
mengacu pada pada saat distribusi produk.Saat dijual di etalase, penempatan produk fisik seperti apa yang didapatnya? Saat dijual secara online, penempatan produk digital seperti apa yang didapatnya?
Promosi

Promosi,
P keempat, adalah kampanye komunikasi pemasaran terintegrasi.Promosi mencakup banyak aktivitas yang dapat dilakukan antaralain seperti periklanan, penjualan, promosi penjualan, pemasaran langsung, sponsorship, dan pemasaran gerilya atau menggunakan sosial media.

Promosi bervariasi bergantung pada tahap siklus hidup produk tempat produk itu berada. Pemasar memahami bahwa konsumen mengaitkan harga dan distribusi produk dengan kualitasnya, dan mereka mempertimbangkan hal ini saat menyusun strategi pemasaran secara keseluruhan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter