Apa itu strategi bisnis serta komponenya
Strategi bisnis adalah alat yang ampuh untuk membantu suatu perusahaan untuk mencapai tujuan dari perusahaan tersebut, dengan menentukan strategi bisnis dan taktik bisnis yang baik di dalam suatu perusahaan, selain itu strategi bisnis juga memandu banyak keputusan organisasi dari perusahaan seperti merekrut karyawan baru yang benar benar kompeten dibidangnya dan lai sebagiannya. Membuat strategi bisnis yang sejalan dengan visi atau misi suatu perusahaan harus membutuhkan waktu dan pengembangan yang lebih matang lagi. Pada artikel ini, saya akan membahas apa itu strategi bisnis dan mengapa itu sangat penting bat perusahaan. dalam strategi bisnis ada beberapa komponen-komponennya yang harus diikuti dengan baik. Strategi bisnis juga mengacu pada tindakan dan keputusan yang diambil dari perusahaan itu sendiri untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah di sepakati dengan bersama. Ini juga mendefinisikan apa yang perlu dilakukan suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya, yang dapat membantu memandukan proses pengambilan keputusan untuk perekrutan dan alokasi sumber daya yang baik. Strategi bisnis membantu berbagai departemen untuk bekerja sama dengan baik, serta memastikan keputusan departemen untuk mendukung keseluruhan arah perusahaan tersebut.
Mengapa strategi bisnis penting?
Sebenarnya banyak sih ada alasan mengapa strategi bisnis itu penting, sekarang tergantung ke diri seseorang itu dimana setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda, ada yang sejalan ada juga yang tidak sejalan dengan apa yang di sepakati bersama, biar tidak bigung berikut ini ada beberapa alasan mengapa strategi bisnis sangat penting bagi organisasi atau untuk perusahaan, antara lain sebagai berikut:
Perencanaan: Strategi bisnis membantu perusahaan untuk mengidentifikasi langkah-langkah kunci yang perusahaan yang akan di ambil untuk mencapai tujuan perusahaan.
Kekuatan dan kelemahan: Proses membuat strategi bisnis memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dari perusahaan, ini satlah penting karena dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan daru perusahaan kita, kita bisa memperbaiki lagi kalau kelemahan perusahaan kita yang lebih dominan ketimbang kekutanan dari perusahaan kita begitupun sebaliknya agar perusahaan kita mampu bersaing dengan kompetitor kita.
Efisiensi: Strategi bisnis memungkinkan perusahaan untuk mengalokasikan sumber daya secara efektif untuk aktivitas bisnis perusahaan, yang secara otomatis membuat perusahaan lebih efisien.
Kontrol: Ini memberi perusahaan lebih banyak kendali atas aktivitas dari perusahaan yang di lakukan untuk mencapai tujuan organisasi atau tujuan dari perusahaan, karena perusahaan memahami jalur yang akan di ambil dan dapat dengan mudah menilai apakah aktivitas dari suatu perusahaan itu mendekati dengan tujuan yang sudah di tentukan.
Keunggulan kompetitif: Dengan mengidentifikasi rencana yang jelas tentang bagaimana perusahaan itu akan mencapai suatu tujuan, suatu perusahaan akan dapat fokus dan memanfaatkan kekuatan dari perusahaan itu sendiri, menggunakannya sebagai keunggulan kompetitif yang membuat perusahaan yang dibangun itu akan unik atau beda dengan yang lainnya.
Terkait: Memahami dasar-dasar pengembangan strategi komponen strategi bisnis Ada enam komponen kunci dari strategi bisnis.
Berikut ini adalah kompone komponennya:
1. Visi dan tujuan bisnis
Strategi bisnis dimaksudkan untuk membantu suatu perusahaan atau suatu organisasi untuk mencapai tujuan dari suatu perusahaan. Dengan visi arah bisnis, perusahaan dapat membuat petunjuk yang jelas dalam strategi bisnis tentang apa yang perlu dilakukan dan siapa yang bertanggung jawab.
2. Nilai-nilai inti
Strategi bisnis memandu eksekutif tingkat atas serta departemen tentang apa yang harus dan tidak boleh dilakukan, sesuai dengan nilai inti organisasi.
3. Analisis SWOT
SWOT adalah singkatan dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Analisis ini termasuk dalam setiap strategi bisnis, karena memungkinkan perusahaan untuk mengandalkan kekuatannya dan menggunakannya sebagai keuntungan. Itu juga membuat perusahaan sadar akan kelemahan atau ancaman apa pun.
4. Taktik
Banyak strategi bisnis mengartikulasikan detail operasional tentang bagaimana pekerjaan harus dilakukan untuk memaksimalkan efisiensi. Orang yang bertanggung jawab atas taktik memahami apa yang perlu dilakukan, menghemat waktu dan tenaga.
5. Rencana alokasi sumber daya
Strategi bisnis mencakup di mana perusahaan akan menemukan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan rencana, bagaimana sumber daya akan dialokasikan dan siapa yang bertanggung jawab untuk melakukannya.
6. Pengukuran
Strategi bisnis juga mencakup cara melacak output perusahaan, mengevaluasi bagaimana kinerjanya terkait dengan target yang ditetapkan sebelum meluncurkan strategi.
Post a Comment
Post a Comment