Bagian Bagian yang ada di Front Office
1.Receptionist
a. Memberikan informasi kepada tamu.
b. Melayani kebutuhan tamu dalam hal surat menyurat, kunci kamar, hubungan telephon dan transaksi pembayaran di hotel
c. Melayani para tamu yang complain tentang fasilitas maupun pelayanan di hotel.
d. Ikut mempromosikan dan menjual fasilitas lainnya di hotel.
2.Reservation
a. Menerima pemesanan kamar dari tamu secara perorangan atau individual, kelompok atau melalui travel agent dan memberikan komfirmasinya.
b. Membuat ramalan atau perkiraan jumlah tamu atau penghuni kamar untuk suatu periode harian, mingguan, bulanan dan tahunan.
c. Membuat daftar tamu yang akan datang secara harian (expected arrival list) yang individual, kelompok ataupun VIP.
3.Uniform Service (Bell boy atau Concierge)
Tugas utamanya adalah memberikan pelayanan umum kepada tamu yang ada di lobby (check in, check out, order taxi, mengambil obat, menduplicat kunci, mengambil welcome drink dan lain lain).
4.Operator
a. Memberikan pelayanan penyambungan telephone baik didalam kota, interlokal (city call, long distance call atau overseascall).
b. Melayani permintaan wake up call.
5.Information Clerk
Tugas utama dari seorang information clerk adalah untuk memberikan informasi kepada tamu mengenai kota, tempat wisata yang terdekat maupun disekitar area yang cukup besar, tempat shopping, toko kerajinan traditional dan semua yang menyangkut daerah tersebut maupun daerah luar.
6.Front cashier Clerk
Tugas dari seorang front cashier adalah membantu tamu untuk melakukan transaksi pembayaran bill kamar serta pemakain lainnya yang menyangkut tentang hotel.
Tugas pokok dan tanggung jawab keseluruhan
Tugas pokoknya adalah:
1. Mempersiapkan kedatangan tamu yang tiba pada saat itu
2. Melaksanakan proses pendaftaran pada saat tmu itu tiba
3. Mengkoordinasikan kepada department lain tentang kedatangan tamu termasuk jenis kamar,makanan dan minuman dan total pax
4. Kadang kadang befungsi sebagai cashier sementara
5. Melaksanakan proses keberangkatan tamu yang check out
6. Mengkoordinasikan kepada department lain apabilah ada tamu pindah kamar
1. Mempersiapkan kedatangan tamu yang tiba pada saat itu
2. Melaksanakan proses pendaftaran pada saat tmu itu tiba
3. Mengkoordinasikan kepada department lain tentang kedatangan tamu termasuk jenis kamar,makanan dan minuman dan total pax
4. Kadang kadang befungsi sebagai cashier sementara
5. Melaksanakan proses keberangkatan tamu yang check out
6. Mengkoordinasikan kepada department lain apabilah ada tamu pindah kamar
Post a Comment
Post a Comment