Pengirimanan permintaan layanan housekeeping dari tamu hotel
Pengiriman permintaan layanan housekeeping dari tamu hotel mengenai barang yang dipinjam oleh tamu dalam hal ini di hotel biasanya para tamu yang menginap di sana ada beberapa tamu yang meminta meminjam peralatan yang tidak ada di dalam kamarnya atau kekurangan misalnya setrika, hanger, dan lain sebagiannya, dalam hal ini tugas yang menangani pengiriman barang permintaan tamu adalah section di bagian room attendant. Dalam menangani permintaan tamu atau pengiriman barang pinjaman untuk tamu tentunya memiliki prosedur yang harus di laksanakan, perlu kalian ketahui bahwasanya setiap hotel yang ada di dunia akan berbeda cara penanganan atau sop menangani pengiriman barang pinjaman untuk tamu: berikut ini saya akan berikan beberapa standar prosedur yang ada untuk mengirim barang pinjaman tamu.
Hal yang pertama harus dilakukan adalah memilih dan memeriksa barang apakah dalam keadaan bersih dan berfungsi baik, tidak ada kerusakan dan lain sebagiannya sebelum kalian memberikan pinjaman kepada tamu, hal ini perlu kalian lakukan secara teliti, agar nantinya barang yang di pinjam oleh tamu tidak rusak atau agar tamunya tidak complain, kadang kadang ada beberapa tamu yang complain di hotel gara gara barang yang di berikan sudah rusak atau tidak layak pakai, maka dari itu kalian harus mengecek nya secara detail.
Setelah langkah pertama kalian lakukan lalu langkah ke dua kalian harus mencatat barang apa atau jenis barang apa yang di pinjam oleh tamu dan kepada siapa barang tersebut dikirimkan. Bila perlu kalian catat juga nama tamu yang meminjam, jenis peralatan yang dipinjam, nomor kamar agar nantinya pada saat mengecekkan barang yang ada tidak gacek atau hilang, nah biasanya di hotel hotel besar sudah di sediakan form khusus buat room attendant untuk mencatat pinjaman barang dari hotel. Tujuan ini adalah untuk meminimalkan terjadinya kehilangan barang barang milik hotel, yang di pinjam oleh tamu yang menginap di hotel.
Langkah selanjutnya adalah setelah kalian melakukan langkah 1 dan 2 dengan baik dan detail maka barang yang di minta oleh tamu di dikirimkan sesuai dengan data data yang kalian catat di form tersebut.
Langkah ini juga paling penting, saat kalian memberikan barang nya langsung kepada tamu, pada umumnya di sop saat memberikan barang kepada tamu room attendant harus menjelaskan tata cara penggunaan barang tersebut dengan baik dan benar agar ada tamunya paham akan cara penggunaan barang tersebut, tujuan ini juga sangat penting agar barang yang di pinjam oleh tamu tidak rusak.
Setelah kalian memberikan penjelasan mengenai tata cara penggunaan barang tersebut dengan baik dan benar kepada tamu lalu kalian meminta tamunya menandatangani form tersebut, lalu kalian kumpulkan formulir pinjaman barang tersebut biasanya form tersebut ada 3 lapisan atau 3 lembar yang mana 1 lembar nya diberikan untuk tamu dan yang 2 nya lagi kita yang membawanya. Nantinya kita akan berikan 1 nya lagi kepada departemen front office
Langkah terakhir adalah kalian haru mencatat juga data data yang terisi di form itu di catat ke dalam log book khusus log book housekeeping.
Lalu untuk prosedur pengembalian barang pinjaman dari tamu, dengan catatan tamu masih terdaftar:
Hal yang pertama kalian lakukan adalah mengecek form yang udah kalian catat pada saat tamu meminjam barangnya, nah di form itu isi tanggal pengembaliannya atau batas sampai tamunya meminjam alat tersebut. Atau kalian konfirmasi kan hal tersebut melalui telepon, tetapi langkah tersebut sesuai dengan sop yang berlaku di masing masing hotel, ada hotel ayang tidak melakukan konfirmasi hal tersebut melalui telepon melainkan pada saat room attendant melakukan pembersihan kamar pada saat itu room attendan sekalian menanyakan kepada tamunya apakah sudah selesai menggunakan barang yang dipinjamkan atau atau tamu nya meminta perpanjangan peminjaman barangnya, kalau tamu nya meminta perpanjangan peminjamannya tentunya saat kalian preparation akan membersihkan kamar tamu kalian harus juga membawa form peminjaman barang pada sebelumnya, untuk menjaga juga pada saat tamu ingin memperpanjang masa peminjamannya, kalian harus mencatat atau merubah tanggal pengembaliannya saja di form sebelumnya yang sudah di tanda tangani oleh tamu tersebut.
Nah misalnya barang tersebut sudah tidak diperlukan lagi oleh tamu,sebelum kalian mengambilnya tentunya kalian harus meminta izin kepada tamu terlebih dahulu setelah kalian menanyakan kepada tamu barangnya sudah tidak di gunakan kan lagi, seorang hotelier harus memiliki attitude yang bagus, tujuan meminta izin kepada tamu untuk mengambilnya adalah agar nantinya tamunya tidak bingung dimana barang yang dipinjam nya apakah hilang atau bagaimana gara gara kita tidak meminta izin terlebih dahulu mengambilnya, perbedaannya sangat jelas kalau kita meminta izin pada saat mengambil barang yang di pinjam oleh tamu nanti tamunya tahu bahwasanya barang tersebut sudah di ambil oleh petugas room attentend. Tentunya pada saat kalian meminta izin kepada tamu untuk mengambilnya kalian juga harus memeriksa apakah barang tersebut masih dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan yang digunakan oleh tamu.
Langkah selanjutnya kalian kembalikan barang tersebut ke gudang dan kalian taruh sesuai dengan posisinya atau tempatnya masing masing agar tidak terjadinya pertukaran antara barang yang layak pakai dengan yang tidak layak pakai atau rusak.
Langkah terakhir kalian catat lagi pengembalian barang tersebut di dalam log book sesuaikan dengan nama tamu yang mengembalikannya, nomor kamar, jenis barang dan lain sebagiannya..
Post a Comment
Post a Comment