Berikut ini prosedur penanganan tamu check out rombongan,setiap tugas yang di jalankan atau dilaksanakan di dalam industri pariwisata tentunya memiliki prosedur yang secara umum da nada juga prosedur yang dilaksanakan sesuai dengan kebijakan di hotel masing masing. Nah untuk prosedur penanganan tamu check out rombongan ada beberapa yang harus kalian laksanakan, nah berikut ini langkah-langkah atau prosedur yang harus kalian laksanakan sebagai berikut.
Langkah pertama kalian harus mengecek data data nya di pc yang ada di komputer yang berisikan berapa lama tamu rombongan tersebut menginap dan tentunya data data yang ada di pc pasti ada tanggal check out nya tamu rombongan tersebut. Nah setelah kalian mengetahui akan kapan tamu rombongan tersebut akan check out maka sehari sebelum tanggal check out nya biasanya kalian akan di datangi oleh tour leader dari suatu tamu rombongan tersebut, tour leader nya kan memberikan informasi kepada resepsionis bahwa tamunya akan check out dan tour leader nya akan memberitahukan bahwasanya barang barang dari tamu rombongannya agar di bantu di bawa ke perkiraannya nantinya. Tetapi perlu kalian ingat bahwasanya pada umumnya sebelum tour leader nya memberitahukan kepada resepsionis yang bertugas pada saat itu akan tetapi receptionisnya akan memberitahukan kepada tour leader nya dan resepsionisnya akan menawarkan bantuan nantinya untuk membawakan barang barang tamunya k tempat perkiraan atau lobby dari hotel tersebut. Tentunya kalian harus ingat bahwasanya setiap hotel yang ada memiliki kebajikannya masing masing.
Yang kedua pada saat tamu rombongan akan check out dari hotel maka bell captain, dan anggotanya sesuai dengan rooming list yang ada maka para bellboy akan menuju ke kamar masing masing kamar tamu rombongan sesuai dengan jumlah yang diperlukan oleh tour leader nya. Pada saat kalian menjadi seorang bellboy maka kalian harus siap di depan kamar di masing masing tamu rombongan sesuai dengan room list dan sesuai dengan tugas yang di bagikan oleh atasan yaitu bell captain kalian, nah pada saat kalian berdiri di depan pintu darii kamar masing masing tamu rombongannya maka kalian mengetuk pintu kamarnya dengan hati- hati dan ikuti sesuai dengan SOP yang berlaku di masing masing hotel. Pada saat kalian mengetuk pintu kamar tamunya kalian sambil mengatakan: excuseme “bellboy please “ dan kalian perlu ingat bahwasanya jika tamunya belum menyapa atau kalian maka kalian lakukan lagi dan jangan sekali kali kalian nekat membuka pintu kamar tamunya jika tamunya belum menjawab pertanyaan kalian atau tamunya belum mengizinkan kalian untuk memasuki kamarnya. Kalian hanya perlu menunggu sampai pintu kamar tamunya dibuka oleh tamunya sendiri.
Para petugas bellboy harus mematuhi Sop yang berlaku yaitu menyapa atau greeting dengan ramah kepada tamu yang ada di hotel, tentunya dengan sopan dan senyuman yang manis serta jangan lupa kalian menyampaikan bahwa kalian itu siap dan tujuan kalian. Nah setelah kalian memperkenalkan kalian itu siapa dan tujuan kalian kesana maka setelah diizinkan oleh tamunya maka kamu sebagai seorang bellboy mengambil barang- barang dari tamunya dan tentunya kalian harus tanyakan lagi tamunya barang barang mana saja yang perlu di bantu untuk di bawakan ke lobby hotel. Sebelum membawa barang barang tamunya ke lobby kalian juga harus menanyakan tamunya apakah sudah memeriksa kamar dan kamar mandi apakah ada barang yang masih tertinggal atau tidak.
Nah yang ini juga perlu kalian ketahui bahwasanya untuk tamu check out rombongan tidak semua tamu rombongan atau tidak perlu ke lobby bersama-sama semuanya. Nantinya dari tour leader nya saja yang menuju ke lobby. Tentunya dari tour leader nya akan membantu menghitung jumlah barang atau coper yang di bawa oleh tamu tamunya, karena tour leader nya mengetahui akan berapa masing masing tamu membawa barang seperti koper dan lain sebagiannya, atau kalian juga sebagai seorang bellboy juga bisa membantu menghitung barangnya juga atau menanyakan kepada masing masing tamunya, apakah itu saja barang barang yang di bawaannya, nah kalau dari tamunya sudah bilang benar maka kalian langsung bawa barangnya ke bagasi dari mobil tamu rombongannya agar memudahkan kalian menghitung barang barang tamu lainnya yang masih di lobby.
Se masih tour leader nya dan tamu rombongannya di lobby maka kalian jika menjadi seorang resepsionis yang bertugas pada saat itu maka kalian segera menelepon para staff housekeeping yang bertugas membersihkan kamar masing masing tamu rombongannya, kalian tanyakan ke mereka apakah ada barang barang hotel yang hilang atau apakah ada minuman minuman yang ada di mini bar di minum oleh tamu atau barang barang tamunya masih tertinggal di kamar hal ini sangatlah penting di lakukan sebelum tour leader nya dan tamu rombongannya meninggalkan hotel.
Misalnya ada dari beberapa minuman yang diminum oleh tamu atau barang barangnya tertinggal atau juga barang barang hotel hilang kalian selaku room attendant yang bertugas harus langsung menelepon balik resepsionis agar nantinya di masukan ke bill jika di salah satu kamar dari tamu rombongan yang meminum salah satu minuman yang ada di mini bar di kamar.
Setelah semua proses di lakukan sesuai dengan SOP yang berlaku di hotel masing masing dan tidak ada kendala atau masalah maka sebagai seorang resepsionis harus menyampaikan terima kasih atas kunjungan hotel ini dan mengharapkan di lain waktu agar tamu rombongannya kembali lagi untuk menginap di hotel ini. Kemudian resepsionis dan bellman mengucapkan selamat jalan.
Yang kedua pada saat tamu rombongan akan check out dari hotel maka bell captain, dan anggotanya sesuai dengan rooming list yang ada maka para bellboy akan menuju ke kamar masing masing kamar tamu rombongan sesuai dengan jumlah yang diperlukan oleh tour leader nya. Pada saat kalian menjadi seorang bellboy maka kalian harus siap di depan kamar di masing masing tamu rombongan sesuai dengan room list dan sesuai dengan tugas yang di bagikan oleh atasan yaitu bell captain kalian, nah pada saat kalian berdiri di depan pintu darii kamar masing masing tamu rombongannya maka kalian mengetuk pintu kamarnya dengan hati- hati dan ikuti sesuai dengan SOP yang berlaku di masing masing hotel. Pada saat kalian mengetuk pintu kamar tamunya kalian sambil mengatakan: excuseme “bellboy please “ dan kalian perlu ingat bahwasanya jika tamunya belum menyapa atau kalian maka kalian lakukan lagi dan jangan sekali kali kalian nekat membuka pintu kamar tamunya jika tamunya belum menjawab pertanyaan kalian atau tamunya belum mengizinkan kalian untuk memasuki kamarnya. Kalian hanya perlu menunggu sampai pintu kamar tamunya dibuka oleh tamunya sendiri.
Para petugas bellboy harus mematuhi Sop yang berlaku yaitu menyapa atau greeting dengan ramah kepada tamu yang ada di hotel, tentunya dengan sopan dan senyuman yang manis serta jangan lupa kalian menyampaikan bahwa kalian itu siap dan tujuan kalian. Nah setelah kalian memperkenalkan kalian itu siapa dan tujuan kalian kesana maka setelah diizinkan oleh tamunya maka kamu sebagai seorang bellboy mengambil barang- barang dari tamunya dan tentunya kalian harus tanyakan lagi tamunya barang barang mana saja yang perlu di bantu untuk di bawakan ke lobby hotel. Sebelum membawa barang barang tamunya ke lobby kalian juga harus menanyakan tamunya apakah sudah memeriksa kamar dan kamar mandi apakah ada barang yang masih tertinggal atau tidak.
Nah yang ini juga perlu kalian ketahui bahwasanya untuk tamu check out rombongan tidak semua tamu rombongan atau tidak perlu ke lobby bersama-sama semuanya. Nantinya dari tour leader nya saja yang menuju ke lobby. Tentunya dari tour leader nya akan membantu menghitung jumlah barang atau coper yang di bawa oleh tamu tamunya, karena tour leader nya mengetahui akan berapa masing masing tamu membawa barang seperti koper dan lain sebagiannya, atau kalian juga sebagai seorang bellboy juga bisa membantu menghitung barangnya juga atau menanyakan kepada masing masing tamunya, apakah itu saja barang barang yang di bawaannya, nah kalau dari tamunya sudah bilang benar maka kalian langsung bawa barangnya ke bagasi dari mobil tamu rombongannya agar memudahkan kalian menghitung barang barang tamu lainnya yang masih di lobby.
Se masih tour leader nya dan tamu rombongannya di lobby maka kalian jika menjadi seorang resepsionis yang bertugas pada saat itu maka kalian segera menelepon para staff housekeeping yang bertugas membersihkan kamar masing masing tamu rombongannya, kalian tanyakan ke mereka apakah ada barang barang hotel yang hilang atau apakah ada minuman minuman yang ada di mini bar di minum oleh tamu atau barang barang tamunya masih tertinggal di kamar hal ini sangatlah penting di lakukan sebelum tour leader nya dan tamu rombongannya meninggalkan hotel.
Misalnya ada dari beberapa minuman yang diminum oleh tamu atau barang barangnya tertinggal atau juga barang barang hotel hilang kalian selaku room attendant yang bertugas harus langsung menelepon balik resepsionis agar nantinya di masukan ke bill jika di salah satu kamar dari tamu rombongan yang meminum salah satu minuman yang ada di mini bar di kamar.
Setelah semua proses di lakukan sesuai dengan SOP yang berlaku di hotel masing masing dan tidak ada kendala atau masalah maka sebagai seorang resepsionis harus menyampaikan terima kasih atas kunjungan hotel ini dan mengharapkan di lain waktu agar tamu rombongannya kembali lagi untuk menginap di hotel ini. Kemudian resepsionis dan bellman mengucapkan selamat jalan.
Post a Comment
Post a Comment