-->

Ads 720 x 90

unsur unsur industri pariwisata


unsur unsur industri pariwisata


unsur unsur industri pariwisata

Unsur unsur Industri Pariwisata. Industri pariwisata telah berkembang dengan pesat dari masa ke masa. Terbukti dengan semakin banyaknya orang melakukan kegiatan wisata dan juga jumlah uang yang dibelanjakan untuk kegiatan tersebut. hal ini sangat di dimungkinkan karena adanya hal-hal sebagai berikut:
  1. Semakin tersedianya waktu yang luang dan kesempatan yang dapat digunakan untuk berwisata
  2. Semakin bertambahnya uang atau dana yang dapat digunakan untuk membiayai kegiatan wisata
  3. Semakin mudah melakukan perjalanan, lebih cepat dan lebih menyenangkan
  4. Semakin meningkatnya penduduk di dunia demikian juga meningkatnya jumlah penduduk dunia yang mampu melakukan perjalanan dan berwisata ke daerah lain
  5. Keputusan untuk cuti bersama pada setiap libur hari raya atau liburan lainnya. Hal ini mendukung kegiatan berwisata dari daerah yang satu ke daerah yang  lainnya bahkan bila memungkinkan ke negara lain
  6. Kecenderungan biaya hidup tinggi di negara tertentu, juga mendorong orang untuk melakukan kegiatan wisata ke negara lain yang biaya hidupnya lebih rendah.
Adapun unsur-unsur yang terlibat di dalam industri pariwisata indonesia sebagai berikut:
  • Jasa Boga dan Restoran
Jasa boga dan restaurant

Jasa boga dan restoran adalah industri yang bergerak dalam bidang penyediaan makanan dan minuman, yang di kelola secara komersial. Jenis usaha ini dapat dibedakan dalam manejemennya, yaitu secara pengelolaannya, apakah dikelola secara mandiri atau terkait dengan usaha lain. Industri yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman ini merupakan industri pariwisata indonesia yang paling menjanjikan karena wisatawan bisa saja menahan diri untuk tidak membeli pakaian atau jenis sandang lainnya, tetapi tidak ada wisatawan yang bisa menahan untuk mencicipi makanan dan minuman. Selain makanan dan minuman ini banyak di konsumsi atau di beli untuk oleh-oleh.
  • Akomodasi
Akomodasi

Akomodasi adalah tempat bagi seseorang untuk tinggal sementara, dapat berupa hotel, losmen, guest house, pondok, cottages, inn, resort, perkemahan, caravan, backpacker dan sebagainya. Saat ini akomodasi sudah berkembang ke arah tuntunan pemenuhan kebutuhan manusia, seperti makan, minuman, rekreasi, olahraga, konvensi, pertemuan-pertemuan profesi, asosiasi perjamuan-perjamuan, pernikahan dan sebagainya. Oleh karena itu kemajuan teknologi dan perkembangan zaman sangat memengaruhi jenis, macam, dan banyaknya fasilitas yang dibutuhkan dan harus di sediakan oleh pengusaha pada bidang akomodasi.
  • Atraksi Wisata
Atraksi wisata

Atraksi wisata dapat berupa pertunjukan tari, musik, dan sebagainya sesuai dengan budaya setempat. Pertunjukan ini dapat dilaksanakan secara tradisional ataupun modern. Melalui atraksi wisata keunggulan budaya lokal setempat dapat diperkenalkan kepada para wisatawan yang menyaksikan nya.
  • Transportasi dan Jasa Angkutan
Transportasi dan jasa angkut

Jasa transportasi dan angkutan adalah jasa yang bergerak dalam bidang angkutan. Transportasi dapat dilakukan mulai darat, laut dan udara. Pengelolaan dapat dilakukan oleh swasta maupun BUMN. Jasa angkutan dan transportasi ini juga sangat memengaruhi industri pariwisata Indonesia. Terjadinya kemudahan jasa transportasi terutama udara memberikan harga yang cukup terjangkau bagi seluruh kalangan membuat meningkatnya kegiatan berwisata dari satu tempat ke tempat atau darah lainnya.
  • Biro Perjalanan
Biro perjalanan

Biro perjalanan adalah suatu badan usaha operasional nya meliputi pelayanan semua proses perjalanan dari seseorang sejak berangkat hingga kembali sehingga mereka merasa nyaman selama perjalanan.
  • Cendera Mata
Cedera mata

Cendera mata adalah oleh-oleh atau kenang-kenangan yang dapat dibawa oleh wisatawan pada saat kembali ke tempat asalnya. Cendera mata ini biasanya berupa benda-benda kerajinan tangan yang di bentuk sedemikian rupa memberikan suatu keindahan seni dan sifatnya khas untuk tiap daerah.
  • Tempat Penukaran Uang (Money Changer)
Money changer

Tempat penukaran mata uang asing (money changer) kini sudah berkembang sangat pesat. Penukaran uang tidak hanya dilakukan di bank, melainkan juga pada perusahaan-perusahaan money changer yang tersebar di tempat-tempat strategis, terutama di kota-kota besar.

Semoga artikel yang kami bagikan ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua. Jika ada saran atau kritikkan teman-teman bisa menaruhnya di kolom komentar. Sekian dan Terima kasih.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter