-->

Ads 720 x 90

Cara menjelaskan fasilitas kamar

Cara menjelaskan fasilitas kamar

tata cara menjelaskan fasilitas kamar

 

- Menjelaskan fasilitas penting kamar tamu

Keadaan dan fasilitas kamar tamu setiap hotel berbeda-beda, fasilitas mungkin saja ada yang sama tetapi letaknnya berbeda-beda. Maka dari itu seorang bellman perlu menjelaskan kepada tamu yang akan menginap, sebelum memberikan penjelasan kepada tamu, bellman harus memberikan penawaran terlebih dahulu kepada tamu apakah perlu mendapatkan penjelasan fasilitas atau tidak, jadi berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjelaskan fasilitas kamar kepada tamu yang menginap
1. Sebelum memasuki kamar, setelah sampai didepan kamar yang dipesan oleh tamu, ballman harus memastikan bahwa nomor kamar sudah benar sesuai dengan yang tertulus di list arrival date, ballman menyuruh tamu menunggu sebenar di depan pintu yang mana bellman terlebih dahulu mengecek kamar apakah masih ada petugas housekeeping yang masih membersihkan kamar tersebut atau tidak dan memastikan kamar tersebut kosong dengan cara mengetuk pintu 3x dengan mengucapkan excusme, excusme, excusme
 
2. Selanjutnya bellman membuka pintu dengan perlahan-lahan, sekarang kebanyakan hotel sudah menggunakan kunci kamar dengan sistem karnu magnetik(key card system) key card, kunci tersebut sudah di program oleh bagian registrasi sesuai dengan nomor kamar, untuk membukak pintu kamar tamu hanya mengesekan atau menempelkan di selipan pada hole mangnetic atau lock set alat yang terpasang di pintu

3. Ketika indikator menyala, biasanya berwarna hijau itu artinya pintu sudah terbuka, kalau lamou indikator masih merah berarti kamarnya belum terbuka, setelah itu bellman membukapintu dan menyalakan lampu terlebih dahulu, kecangihan menggunakan key card yaitu biasannya hotel yang menggunakan sistem ini ketika key card di taruh di key tag lampu akan otomatis menyala.

4. Setelah itu bellman mempersilahkan tamu untuk masuk ke kamar

5. Jika bellman membawa barang bawaan tamu menggunakan trolly, cukup hentikan trolly di samping pintu kamar. lalu barang bawaan tamu di turunkan secara hari-hari dan ditaruh di luggage rack dengan rapi, jangan sesekali membawa trolly ke dalam kamar tamu

6. Setelah itu ballman menjelaskan fasilitas yang ada di kamar

7. Fasilitas dapat dijelaskan melalui dari bagian terjauh dari pintu masuk, kemudian menggunakan sistem clock wise searah putaran jarum jam atau sebaliknya hingga mendekat ke arah pintu masuk yakni kamar mandi. 

8.Informasi menjelaskan fasilitas kamar secara garis besar dibagi menjadi sebagai berikut
Fasilitas kamar (Room facilities) 
-Sistem jaringan telepon yang menggunakan sistem IDD (International Direct Dialing) melalui sistem ini hotel memberikan layanan kepada tamu untuk melakukan hubungan telepon tanpa melalui operator, dan disini bellman memberikan informasi nomor departement yang ada di hotel  kepada tamu jika tamu memintak suatu layanan, dan bellman menjelaskan bagaimana cara menghubungi dari kamar ke luar hotel untuk panggilan lokal(city call), panggilan interlokal(long distance call), maupun panggilan internasional(international direct call)
-Bellman menjelaskan tombol switch on/off untuk televisi
-Bellman juga menjelaskan bagaimana cara penggunaan mesin pembuat kopi atau mesin pemanas air
-Bellman menunjukan remot control untuk mengatur suhu pada AC
-Bellman juga menunjukan tempat mini bar yang mana nantinya akan digunakan tamu untuk menaruh minuman/makanan, tetapi biasanya hotel sudah menyediakan minuman soft drink di dalam mini bar dan juga di sediakan bill di atas mini bar jiga tamu meminum tamu harus wajib mengisi bill tersebut
-Bila hotel menyediakan fasilitas safty deposit box, bellman harus menjelaskan kegunaan alan tersebut
-Dan bellman juga memberikan informasi cara penggunaan kunci kamar yang berbasis key card, ballman menggingatkan tamu untuk selalu mencabut key card dari holdrnya jika mau keluar kamar dan membawannya  

Fasilitas kamar mandi(Bathroom facilities)
hal yang paling penting berkaitan dengan kamar mandi adalah
-Ballman menjelaskan fungsi dari fasilitas yang ada di kamar mandi seperti bath tub, shower, dan lain-lain 

9. Setelah selesai menjelaskan semua fasilitas kamar yang ada, maka bellman segera mohon pamit kepada tamu dan mengucapkan magic words


Sekian dari artikel ini, semoga atikel ini bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman, Terima kasih

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter